Senin, 09 Desember 2013

Rumah Joglo


Rumah Joglo
Oleh :Vernanda Davega


 Berkas:Rumah-Joglo.jpg 
sumber : www.google.com

Indonesia adalah Negara yang kaya akan budaya dan keanekaragamannya terutama dalam rumah adat masing-masing daerah di setiap daerah pasti bentuk dan namanya pun berbeda. Salah satunya Rumah Adat Joglo di jawa. rumah joglo adalah rumah adat yang berasal dari jawa, rumah yang dengan ciri khas memiliki pendapa di bagian depan dan memiliki tiga pintu, pintu utama ada di pendapa depan yang biasanya pintu lebih besar dan lebar dari pintu yang lain dan dua pintu lagi ada di sebelah kanan dan kiri, bagian pendapa adalah bagian terdepan dari rumah joglo tanpa ada sekat atau pagar, pada jaman dulu pendapa di gunakan sebagai tempat pertemuan ataupun tempat shukuran, dulunya tidak banyak yang memiliki rumah joglo ini di karenakan jaman dahulu Rumah Adat Joglo di gunakan sebagai status sosial dan yang memiliki rumah adat ini sudah pasti keturunan dari kerajaan ataupun orang yang bangsawan. Rumah Adat Joglo ini biasanya memiliki halaman atau teras yang lumayan luas dikarenakan rumah joglo tersebut dulunya sering di pakai untuk berkumpul ataupun seperti syukuran.
Penyebaran Rumah Adat Joglo meliputi jawa tengah, Yogyakarta dan sebagian wilayah jawa timur dan memiliki bentuk bujur sangkar ataupun persegi. Dilihat dari luar mungkin Rumah Adat Joglo adalah rumah yang sederhana karena terlihat di bagian pendoponya hanya ada empat kayu penyangga guna menyangga supaya berdirinya rumah tersebut, keempat tiang penyangga tersebut di sebut soko guru yang dalam orang jawa di artikan sebagai lambang penentu arah angin. Dilihat dari dalam rumah joglo memiliki ketingian atap yang berbeda itu berguna sebagai ruang untuk sirkulasi udara di mana ruang yang paling tengah itu atapnya menjorok lebih tinngi di banding sekelilingnya hal inilaah yang dulunya di anggap sebagai rumah yang mewah karena bahan utama dari rumah ini adalah kayu.
Rumah joglo bila di lihat dari luar saja akan terlihat sederhana tetapi jika kita melihat teliti ke dalam nilai kemewahanyapun akan nampak, hal itu dahulu di percayai sebagai pedoman orang jawa yang artinya jika kita memiliki kemampuan lebih kita tetap harus merendah hal ini jugalah yang membuat nilai lebih dari rumah joglo tersebut, tetapi pada jaman sekarang ini nampaknya nilai tersebut sudah hilang bahkan tidak terpikirkan lagi, model dari rumah joglopun sekarang jarang di minati oleh masyarakat, masyarakat sekarang lebih suka model-model rumah yang modern dan minimalis hal inilah yang tidak kita harapkan tentunya, rumah joglo yang dahulunya sebagai kebanggaan orang jawa tidak bisa dipungkiri bisa saja nantinya hilang karena tidak ada yang melestarikan dari rumah adat joglo tersebut.

6 komentar: