Minggu, 22 Desember 2013

Permainan Lompat Tali

Oleh: Umi Kulsum

Lompat Tali
            Indonesia mempunyai banyak warisan budaya salah satunya adalah permainan, salah satu permainan yang sering dimainkan oleh anak indonesia yaitu lompat tali. Lompat tali adalah salah satu permainan tradisional yang ada di Indonesia. Permainan ini mempunyai banyak sebutan, salah satunya di provinsi Riau permainan ini disebut dengan tali Merdeka. Warga provinsi Riau menyebut permainan ini dengan Tali Merdeka karena pada lompatan akhir pemegang tali meregangkan tali setinggi kepalan tangan yang diacungkan ke udara dan kepalan tangan tersebut hampir mirip dengan yang dilakukan oleh pejuang pada saat mengucapkan “merdeka”.

            Permainan ini dapat dimainkan dimana saja dan tidak membutuhkan banyak tempat. Permainan lompat tali ini dimainkan oleh 3-10 orang. Pemainnya dibagi menjadi 2 group yaitu pemegang tali dan pelompat. Lompat tali tergolong permainan yang sederhana hanya dengan karet-karet gelang yang dianyam memanjang sekitar 3-4 meter sudah dapat dimainkan. Cara memainkannya mudah hanya dengan melompati karet gelang yang sudah dianyam memanjang yang dipegang oleh dua orang.



            Dalam lompat tali ada beberapa tingkatan atau tinggi tali yang harus dilompati yaitu tali berada pada batas lutut pemegang tali, tali berada pada batas pinggang (pelompat tidak boleh mengenai tali), posisi tali berada di dada (pelompat boleh mengenai tali), tali berada sebatas telinga, posisi tali ada di kepala, posisi tali sebatas satu jengkal dari kepala, posisi tali sebatas dua jengkal dari kepala, dan yang terakhir posisi tali seacungan.

            Nilai-nilai yang terkandung didalam permainan lompat tali ini adalah nilai kerja keras ditandai dengan semangat para pemain untuk melompati tali dengan berbagai ketinggian, nilai ketangkasan dan kecermatan ditandai dengan perkiraan pemain antara tingginya tali dan lompatan yang akan dilakukan, nilai sportivitas ditandai dengan sikap pemain yang tidak curang serta bersedia menggantikan pemegang tali jika melakukan pelanggaran pada aturan yang sudah ditentukan. 

16 komentar:

  1. kalo diaku namanya sentrengan :D
    didaerahmu namanya apa mi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau di daerah saya disebut dengan yeye...

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. ak jagone nak dolenan koyog ngunu iku :D

    BalasHapus
  4. mungkin gak usah kebanyakan gambar kali ya mbak :) (feni)

    BalasHapus
  5. aku mau liat umi main lompat tali dong :D

    BalasHapus
  6. waw bagus banget tuh buat peninggi badan secara alami

    BalasHapus
  7. coba disertain video mbak :D hhhhaaa

    BalasHapus
  8. wahh asik yah. bisa bermain sambil belajar plus berolahraga.
    semoga permainan ini bisa tetep lestari :0

    BalasHapus
  9. anak-anak Indonesia kreatif juga. karet aja bisa di jadikan mainan tradisional.!
    keren...lanjutkan.!!

    BalasHapus
  10. bagaimana solusi supaya anak anak bisa mengenal permainan tradisional yang hampir hilang ditelan teknologi yang sangat canggih seperti gadget dan lainya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya solusi agar anak mengenal permainan tradisional yang hampir hilang dapat dilakukan dengan cara mendokumentasikan permainan tradisional berupa foto atau video yang nantinya kita perlihatkan kepada anak-anak dan dapat juga dengan memodifikasi permainan tradisional dalam bentuk game...

      Hapus
  11. kapan" pengen main lompat tali sama Umi ah :)

    BalasHapus
  12. setelah saya mempraktekannya, sekarang saya malah diikat temen-temen di pohon toge.
    terimakasih ibu juragan. :)

    BalasHapus