Kamis, 05 Desember 2013

Makanan Unik “Papeda dan Kuah Kuning”



Oleh: Eri Yuliastuti


            Papeda, kita semua pasti pernah mendengar nama makanan ini, tapi apakah pernah membayangkan bagaimana wujud tampilan atau sajian dari makanan ini? Bagi anda yang belum tahu bagaimana bentuknya saya beri gambaran, coba bayangkan ‘kanji’ jika diberi air panas kemudian diaduk, lengket, yah seperti lem. Anda pasti heran melihat makanan yang bentuknya seperti itu. Tetapi justru itu yang menjadi keunikan dari makanan ini.
           Papeda itu merupakan makanan khas yang berasal dari Papua dan Maluku. Makanan ini terbuat dari tepung sagu murni. Tepung sagu diperoleh dengan cara memotong pokok sagu, lalu bagian pangkalnya diperas hingga sari patinya keluar. Sari pati inilah yang digunakan dan diolah menjadi papeda. Sebelum diolah biasanya tepung sagu murni disimpan dalam alat yang bernama tumpang.
            Proses pembuatan papeda itu sendiri sebenarnya bumbu-bumbu yang menghasilkan warna kuning. Papeda pada dasarnya tidak berasa atau hambar. Maka campuran dari papeda dan ikan kuah kuning ini sangat cocok, karena sangat sederhana dan mudah untuk di coba. Tepung sagu murni di aduk-aduk sambil dituang air mendidih secara bertahap hingga terbentuk adonan yang menyerupai lem sang kental dan siap untuk dimakan. Makanan khas dari Indonesia bagian Timur ini pada dasarnya beraroma menyengat.  Biasanya makanan ini disajikan dengan kuah ikan kuning, yaitu ikan yang dimasak dengan campuran rasanya akan terasa lebih nikmat.


         Cara mengambil papeda terbilang unik, karena bukan menggunakan sendok tetapi justru menggunakan sepasang sumpit. Caranya yaitu dengan memegang sumpit dengan kedua tangan, diputar dengan cepat sehingga menghasilkan gulungan lem papeda hingga putus. Saat terpisah dari wadah utama, kemudian dituangkan ke piring dan diberi kuah ikan kuning supaya lebih cocok dan menggugah selara makan. Bagi penduduk lokal yang sudah terbiasa, makan papeda sama halnya dengan makan bubur ayam. Tinggal diseruput langsung masuk ke perut. Karena bahan dasar untuk membuat makanan ini yaitu sagu, dan sama halnya dengan kita yang makan nasi. Namun bagi yang pertama kali mencoba, disarankan menelan sedikit demi sedikit papeda tersebut.
            Nah itulah tadi paparan dari papeda dan ikan kuah kuning, salah satu makanan khas dari Papua dan Maluku yang sangat unik dan patut untuk dicoba, dan hal yang terpenting adalah kita juga harus ikut melestarikan makanan ini, supaya tidak punah.
 




8 komentar: