Rabu, 11 Desember 2013

Rumah Adat Honai




 
 oleh : Revina Riandini
Tidak kita pungkiri lagi bahwa budaya indonesia sangatlah beragam, karena indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa yang berbeda-beda sehingga terciptalah budaya yang berbeda. Sebagai orang Indonesia kita patut bangga dengan keaneka ragaman budaya yang dimiliki Indonesia. Dari berbagai macam provinsi dan pulau, masing-masing memiliki budaya dan adat istiadat yang berbeda-beda.
 Contohnya saja rumah adat, rumah adat di setiap daerah di Indonesia juga memiliki bentuk yang beragam. Dari yang berbentuk kerucut, menjulang tinggi, sampai yang bentuknya amat besar. Walaupun rumah-rumah adat tersebut terlihat aneh, tetapi memiliki maksud dan fungsi menurut kepercayaan adat daerah tersebut. Sama seperti Rumah Adat Honai yang ada di papua.
Rumah adat Honai misalnya, rumah adat Honai ini merupakan rumah adat yang berada di Papua. Rumah adat Honai tersebut sebagian besar terbuat dari kayu dan jerami sebagai atapnya. Rumah adat Papua ini terlihat tertutup rapat karena tidak memiliki jendela satu pun. Rumah ini dibuat seperti itu karena memang fungsinya untuk melindungi suku dani yang menempati rumah tersebut agar terlindung dari cuaca yang dingin di daerah pegunungan Papua.
Rumah adat Honai ini memiliki tinggi 2-2,5m yang terdiri dari 2 lantai. Dimana lantai pertama digunakan sebagai tempat untuk tidur atau istirahat, dan lantai dua digunakan untuk tempat bersantai atau tempat untuk beraktifitas lainnya. Biasanya ditengah ruangan rumah adat ini, terdapat api unggun yang berfungsi untuk menghangatkan tubuh mereka dari hawa dingin.
Rumah adat Honai ini memiliki 3 jenis, yaitu rumah yang digunakan untuk para lelaki yang disebut honai, rumah yang digunakan oleh para wanita yang disebut Ebei, dan rumah yang digunakan untuk ternak mereka yang disebut Wamei. Rumah adat di Papua sebenarnya hanya 1 jenis saja, yaitu Rumah adat Honai itu sendiri. Rumah adat Honai sendiri biasanya dibuat secara berkelompok, karena biasanya setiap keluarga tidak hanya membutuhkan satu rumah, tetapi lebih dari satu rumah.
Kebudayaan Indonesia begitu banyak dan memiliki ciri khas yang berbeda-beda. Walaupun rumah Hanoi adalah rumah adat yang berasal dari papua, tetapi kita bisa menjumpainya di museum-museum yang ada di Indonesia.

4 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. mungkin dapat disimpulkan bahwa setiap rumah adat di desain sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat :)

    BalasHapus
  3. paragraf pertama langsung menjelaskan tema saja. :)

    BalasHapus