Senin, 02 Desember 2013

Emping Mlinjo

Emping Mlinjo
Oleh : Vernanda Davega



sumber :www.google.com

Emping mlinjo merupakan makanan tradisional yang terbuat dari isi mlinjo, emping mlinjo banyak ditemukan di daerah kabupaten Batang terutama di kecamatan limping yang terletak di sebelah timur kota Batang, di sana banyak sekali para pembuat emping mlinjo. Limping sendiri sering di sebut kota emping karena banyak pembuat emping dan penjual emping mlinjo disana, jenis jenis emping mlinjo sekarang tidak hanya di buat kerupuk emping atau kripik saja seiring dengan perkembangan jaman emping sekarang dibuat ada banyak banyak pilihan rasa mulai dari pedas, manis, pedas manis, pedas gurih dan rasa keju. Ada juga emping mlinjo kletuk, yaitu jenis emping mlinjo yang lebih keci dan lebih gurih dari emping mlnjo yang biasanya. Emping mlinjo juga di buat dalam adanan membuat brownis, emping bisa di gunakan sebagai pengganti kacang yang biasanya di buat dalam brownis.
Cara membuat emping mlinjo sebenarnya gampang-gampang susah, pertama tama mlinjo yang sudah di petik dari pohan di kupas dan di ambil bijinya yang berwarna hitam, kemudian biji mlinjo yang sudah di kupas di sangria dalam wajan yang terbuat dari tanah kemudian di beri pasir dalam wajan yang bertujuan supaya panasnya merata, setelah sudah panas dan di rasa mlinjo sudah matang  biji mlinjo di ambil dari wajan kemudian di tekan menggunakan batu supaya kulit yang ada di biji mlinjo bisa terkupas, kemudian isi mlinjo yang sudah benar-benar bersih di tumbuk menggunakan palu khusus supaya mlinjo bisa benar-benar tipis dan tumbukanya rata, setelah itu mlinjo yang sudah di tumbuk di jemur di bawah sinar matahari, setelah mlinjo sudah gepeng atau tipis biasanya orang-orang menyebutnya emping, kemudian setelah emping mlinjo kering lalu emping bisa di goreng sampai matang setelah itu emping sudah bisa di makan dan di sajikan.
Pembuatan emping mlinjo sendiri sebenarnya membutuhkan waktu yang relative cukup lama karena emping mlinjo yang di jemur di bawah sinar matahari tidak mesti kering dalam satu hari, tergantung dengan cuaca juga, hal tersebut yang membuat keunikan dari pembuatan emping mlinjo karena proses pembuatanya yang masih serba tradisional.

Berkat kemajuan informasi dan teknologi sekarang emping mlinjo berlahan memasuki pasar internasional, hal tersebut berarti menunjukan bahwa makanan tradisional Indonesia bisa di terima di internasional. Emping mlinjo yang dulunya hanya cemilan biasa atau cemilan orang desa sekarang menjadi cemilan yang di gemari banyak orang, di kecamatan limping sendiri sebagai penghasil emping mlinjo mayoritas ibu rumah tangga di sana berprofesi sebagai pembuat emping, tetapi sayangnya harga emping mlinjo yang tidak pasti membuat upah yang di terima para pembuat emping mlinjo terkadang sangat minim hal itu di sebabkan karena permainan harga pasar, hal itu sangat di sayangkan karena hal itu dapat menurunkan produktifitas emping mlinjo sendiri sebagai asset dari kabupaten batang khususnya di kecamatan limping.

10 komentar:

  1. kalau semangka di buat emping malah laku tuh gan ,,

    BalasHapus
  2. keren emping mlinjo ajh udah masuk pasar internasional. dibikin pedes pasti lebih mantap gan

    BalasHapus
  3. apakah vega bisa membuat emping melinjo sendiri?

    BalasHapus
  4. setelah tetanga saya makan emping mlinjo, sekarang tetanga saya banyak yang terkena penyakit gaul yaitu asam urat, terimakasih klinik ting-tong

    BalasHapus