Jumat, 20 Desember 2013

Gobak Sodor


Oleh Dwi Okta Pristiwanti

                                    

Gobak Sodor termasuk salah satu permainan tradisional Indonesia yang juga dimainkan oleh negara lain. Di Indonesia sendiri Gobak Sodor memiliki nama tersendiri disetiap daerah di Indonesia, akan tetapi tetap pada aturan dan cara bermain yang sama. Seperti Jawa Tengah lebih mengenalnya dengan Gobak Sodor, atau Galah di Kepulauan Natuna, sementara di beberapa daerah Kepulauan Riau dikenal dengan nama Galah Panjang, di daerah Riau Daratan disebut dengan main cak bur atau main belon. Sedang di daerah Jawa Barat dikenal dengan nama Galah Asin atau Galasin.
Dalam bahasa Belanda istilah Gobak Sodor mungkin artinya sama dengan kata dalam bahasa inggris yaitu “Go Back through the Door”. Gobak Sodor merupakan permainan beregu yang terdiri atas dua regu. Masing-masing regu biasanya terdiri dari 4-5 orang. Inti permainannya adalah menghadang lawan agar tidak bisa lolos melewati garis ke garis terakhir secara bolak-balik dan untuk meraih kemenangan keseluruh anggota regu harus secara lengkap melakukan proses bolak-balik. Permainan Gobak Sodor adalah sejenis permainan tradisional yang beregu dimana pemain yang berjaga berusaha menyentuh pemain lawan dengan menggunakan tangannya, sehingga pemain lawan tidak bisa melewati garis hingga garis terakhir.
Permainan gobak sodor dapat memanfaatkan lapangan bulu tangkis maupun voli yang dibagi menjadi enam bagian. Permainan ini bisa juga dimainkan dengan menggunakan lapangan segi empat yang berukuran 9x4 meter. Kemudian antar garis panjang ditari garis melintang sehingga terbentuk beberapa persegi panjang. Setelah itu tarik garis tengah yang tegak lurus dengan garis melintang sehingga akan terbentuk banyak petak yang sama besar. Garis ini disebut dengan garis Sodor. Garis batas dari setiap bagian biasanya diberi tanda dengan kapur.
Permainan ini sangat menarik, menyenangkan sekaligus sangat sulit karena setiap orang harus selalu berjaga dan berlari secepat mungkin jika diperlukan untuk meraih kemenangan. Nilai yang terkandung dalam permainan Gobak Sodor selain kebersamaan, kita juga bisa belajar bekerja sama dengan kompak antara satu penjaga dengan penjaga lain agar lawan tidak lepas kendali untuk keluar dari kungkungan kita.
Permainan tradisional Gobak Sodor memang salah satu permainan yang murah meriah tanpa harus mengeluarkan uang. Namun sayang, permainan ini sudah dianggap kuno dan jarang dimainkan oleh anak-anak sekarang. Walaupun tidak menutup kemungkinan, kadang-kadang masih dijumpai disekitar kita, tetapi biasanya dalam rangka perayaan tujuh belasan atau festival dolanan anak.

3 komentar:

  1. keren juga ternyata gerobak sodor dari bahasa serapan hahaha

    BalasHapus
  2. ada kreasi gobak sodor juga looh.. kalo diaku ada yang namanya gobak tit. tau tuh permainannya kaya apa, yang pasti mirip2 lah sama gobak sodor :D

    BalasHapus
  3. jadi ingat masa dimana menjadi anggota pramuka SMA, main gobak sodor lawan tanding dengan sesama anggota, sayangnya belum ada yang menang

    BalasHapus