Kamis, 28 November 2013

TARI MERAK



oleh Riva Aji Prawiro

NIM : 1102413029


Tari merak yang berasal dari tanah Pasundan adalah suatu anugrah yang dimiliki Indonesia. Tidak heran jika Indonesia negara yang memiliki ribuan gugusan pulau terlahir dengan budaya yang beraneka ragam. Salah satu budaya yang ada di Indonesia adalah budaya tarian yang beraneka ragam disetiap daerah.

 Tari merak adalah tarian yang berasal dari Jawa Barat dan diciptakan pada tahun 1950an oleh Raden Tjetjep Somantri kemudian di revisi oleh Irawati Durban tahun 1965. Tarian ini terinspirasi dari keanggunan ekor burung merak jantan yang memililki warna menawan dan suka bersolek. Meskipun tari ini meniru tingkah burung merak jantan yang sedang menarik perhatian perhatian merak betina, namun tarian ini dibawakan oleh penari wanita.

Dalam pertunjukannya tari merak memiliki kostum warna-warna yang indah dan motifnya menyerupai bulu merak. Ciri khas dalam tarian ini umumnya penari mengenakan selendang yang diikatkan di pinggang, dan jika dibentangkan akan menyerupai ekor burung merak yang terbentang dan memiliki berbagai warna. Penari tari merak mengenakan mahkota yang disebut “siger” dengan hiasannya yang berbentuk kepala burung merak.

Gerakan dalam tari merak menggambarkan tentang keceriaan dan kegembiraan oleh merak jantan yang menarik hati sang merak betina. Gerakan yang gemulai dan lincah ditunjukan dalam tarian ini. Tidak heran jika tari merak menjadi tarian yang sering digunakan untuk mennyambut pengantin pria atau penghibur tamu undangan. Dengan keindahan gerakan dan kostum tari merak kini tarian ini telah terkenal ke seluruh dunia.


10 komentar: