Minggu, 05 Januari 2014

Rendang

oleh
Chandra Dwi W
Unniversitas Negeri Semarang


Rendang merupakan makanan tradisional yangn berasal dari Minangkabau / masyarakat Padang. Makanan rendang ini merupakan makanan yang bersantan dan terdapat daging sapi didalamnya, yang dimasak bersama bumbu-bumbu / rempah rempah yang bervariasi sehingga tercipta rasa yang khas pada lidah. Rendang ini sangat sesuai dihidangkan sebagai lauk atau pendamping makanan pokok. Rendang biasanya disajikan sebagai hidangan pada hari besar seperti Aidilfitri dan Aiduladha serta pada acara istimewa seperti acara pekawinan, sunatan, syukuran dan lain lain. Makanan ini sangat digemari dari semua kalangan masyarakat tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Malaysia.
                Pada tahun 2013, rendang menjadi salah satu makanan popular di dunia yang setara dengan makanan makanan enak lainnya seperti pizza nasi goring dan lain lain. Dalam menikmati rendang saat ini kita tidak usah pergi jauh jauh ke tempat makanan ini berasal, sekarang ini cukup dengan pergi kerumah makan padangyang bergeletak di mana mana.
                Dengan rasa yang khas, makanan ini sulit dilupakan. Rasa yang pedas dan banyak rempah rempah yang sesuai dengan lidah orang Indonesia menjadikan makanan ini  menjadi makanan yang merakyat. Karena dalam rendang tersebut kunci dari kenikmatannya sendiri itu terletak pada proses pembuatannya  yang membutuhkan waktu yang lama untuk menghasilkan cita rasa yang enak dinikmati.  Namun hal itu sebanding denagn rasa yang kita dapatkan.
                Rendang bukan popular karena rasanya saja tetapi juga terdapat banyak manfaat bagi tubuh kita. Rempah rempah yang terdapat pada rendang terdapat berbagai manfaat. Seperti bawang putih, untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit. Jahe, untuk melancarkan pembuluh darah. Serta lengkuas yang terbukti sebagai anti mikroba dan lain lain. Renadng juga terdapat kabohidrat yang cukup tinggi yang berguna bagi orang orang yang aktif. Akan tetapi walaupun rendang banyak manfaat bagi tubuh rendang juga memiliki kekurangan. Dalam  rendang juga terdapat kolesterol yang cukup tinggi pula sehingga bagi kalangan dewasa jangan memakan terlalu lambat karena bisa menyebabkan penyakit kolesterol. Rendang bermanfaat bagi anak anak untuk perkembangannya.
 

5 komentar: