Sabtu, 11 Januari 2014

Mendoan


Ada abanyak macam jenis makanan di Indonesia, karena Indonesia terdiri dari berbagai macam budaya maka tak heran jika Indonesia memiliki banyak ragam makanan. Seperti contoh udeg dari Yogyakarta, pempek dari Palembang, dan masih banyak lagi makanan-makanan yang khas dan juga lezat untuk di nikmati. Makanan-makanan tersebut tentu mempunyai rasa dan cirri yang khas sehingga dapat membedakan dengan makanan-makanan dari daerah lain.
Tapi disini saya akan membahas lebih detail tentang makanan Khas dari dearah saya yaitu Banyumas, di banyumas sendiri terdapat banyak ragam makanan khas seperti getuk goreng, soto sokaraja, dan Mendoan, yang paling disukai oleh masyarakat dan paling di cari oleh wisatawan yang singgah di kota banyumas adalah mendoan. Jadi saya akan membahas lebih detail lagi tentang mendoan itu sendiri.
Mendoan adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar kedelai, yang tentunya sehat karena mengandung Protein Nabati yang sangat baik bagi kesehatan. Kedelai kemudian difermentasi dan di bungkus dengan daun pisang, kenapa di bungkus dengan daun pisang? Karena jika dibungkus dengan bahan lain akan mengurangi cita rasa dari tempe tersebut, daun pisang dapat menambah rasa gurih pada tempe yang sudah jadi nantinya.
Setelah kedelai menjadi tempe baru lah bisa dibuat menjadi mendoan, yang cara pembuatannya adalah sebagai berikut tumbuk bumbu-bumbu yang terdiri dari garam dan merica yang sudah di sangria, kemudian campurkan tepung terigu dan aci kanji kedalam mangkok atau wadah yang sudah di sediakan, kemudian masukan bumbu halus yang sudah di tumbuk, jika ingin menambahkan rasa gurih masukan juga daun bawang yang sudah diiris kedalam adonan, kemudian masukan air secukupnya aduk hingga merata. Setelah adonan tercampur semua kemudian masukan tempe kedalam adanan tersebut sampai semua permukaan tempe terkena adonan. Panaskan penggorengan dengan nyala api yang kecil, mengapa dengan api yang kecil? Karena jika apinya terlalu besar akan merusak tekstur dari mendoan tersebut karena bisa jadi menjadi kering dan gosong. Setelah penggorengan panas masukan tempe yang sudah terccampur adonan kedalam penggorengan dan masak hingga setengah matang. Angkat dan mendoan sudah dapat di sajikan dengan cocolan sambal kecap atau sambel trasi.

Mendoan di sajikan setengah matang karena itu merupakan cirri khas dari mendoan itu sendiri, jika tempe digoreng sampai kering itu disebut dengan kripik tempe. Jadi itulah yang membedakan mendoan dengan olahan tempe lainnya. Jika anda tertarik silahkan mencobanya di rumah dan jika anda malas untuk membuatnya anda dapat berkunjung ke banyumas dan menikmati mendoan yang lezat itu. Selamat mencoba.

4 komentar:

  1. wah sepertinya enak.
    apakah memang mendoan dari banyumas?
    bahkan sepertinya dari setiap daerah pada buat mendoan??
    kalo emang itu khas dri banyumas ,, mbak bisa buat kah?
    heheheh .... :)

    BalasHapus
  2. di daerah mana saja kita dapat menemui mendoan, apakah hanya di banyumas saja atau di daerah lain ada?

    BalasHapus
  3. cukup bagus, harusnya dikasih alternatif lain

    BalasHapus